Info Terbaru 2022

Cara Mengisi Ljk Yang Baik Dan Benar |

Cara Mengisi Ljk Yang Baik Dan Benar |
Cara Mengisi Ljk Yang Baik Dan Benar |
Cara Mengisi LJK yang baik dan Benar Versi  Cara Mengisi LJK yang baik dan Benar |

Cara Mengisi LJK yang baik dan Benar

Dalam menjalankan ujian-ujian tertentu menyerupai UN ataupun UAS, kita sering kali dihadapkan dengan LJK (Lembar Jawaban Komputer) yang tentunya ada beberapa persyaratan semoga lembar balasan tersebut sanggup terdeteksi oleh OMR (Perangkat yang menyidik lembar balasan komputer). Saat ini LJK telah menjadi standar untuk ujian-ujian di sekolah, baik itu sekolah dasar maupun sekolah menengah. Berikut pembahasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan kalian :

  • Pensil Apa Saja Yang Bisa Dipakai

Semua pensil bisa, Intinya yakni menciptakan lingkaran hitam pekat di LJK tersebut, namun yang menjadi STANDAR yakni pensil 2B alasannya yakni kepekatannya cukup dan gampang untuk dihapus. Bila memakai pensil HB, membutuhkan waktu usang untuk menghitamkan dan resiko kertas rusak semakin besar alasannya yakni pensil HB cenderung keras. Bila memakai pensil 6B hasil bulatannya sangat pekat, bila dihapus dijamin akan mengotori kertas isian kita.

Dan mengapa kita harus memakai pensil 2B, alasannya yakni pensil 2B alasannya yakni gampang menghitamkan dan juga gampang dihapus, dan dijadikan sebagai standar untuk pengisian LJK.

  • Apakah benar harus memakai pensil 2B

Ada sedikit ulasan perihal hasil scaning, yaitu ada dua LJK, yang satu telah diisi dengan memakai pensil jenis HB dan yang satunya memakai "Tinta Ballpoint ", untuk sekadar membuktikannya ternyata isian dengan pensil HB sanggup terbaca, sedangkan isian dengan "Tinta Ballpoint" tidak terbaca (Tapi tidak mengakibatkan error). Sebenarnya untuk penggunaan pensil diinstruksikan semoga penerima ujian gampang untuk mengganti jawaban, alasannya yakni pensil gampang untuk dihapus. Sementara proposal penggunaan pensil 2B alasannya yakni kualitas penghitamannya lebih tajam dibanding jenis lainnya.

  • Kalo ada noda kotor di LJK apa masih bisa di scan?

Bila yang dimaksud yakni noda pensil, sebaiknya dihapus hingga higienis sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. Tapi, bila ada noda di pecahan kotak-kotak hitam (Skunk Mark) disekeliling LJK sebaiknya kita lebih baik menukar LJK tersebut, soalnya scanner berkerja menurut titik koordinat "Skunk Mark" tersebut secara Horizontal dan Vertikal

  • Bagaimana cara membulatkan atau menyilang balasan dengan baik dan benar?

Dengan pensil 2B tentunya , usahakan ketika mengarsir harus penuh satu bulatan. Tidak duduk perkara bila keluar dari lingkaran, asalkan tidak mengenai lingkaran lainnya. Mengenai pengisian balasan yang harus tepat mengisi bulatan dan dihentikan lebih dari bulatan, itu tidak sepenuhnya benar. Selama pensil tidak melebar ke area balasan yang lain, balasan akan tetap terbaca. Jika hingga melebar ke area balasan yang lain, akan ada 2 (Dua) balasan yang terbaca, maka OMR akan mengembalikan abjad (Asterik)sebagai jadinya yang berarti bahwa data/ isian tidak benar, begitu juga dengan menyilang.

  • Nah, bagaimana jikalau LJK-nya ada yang sobek atau terlipat?

Walaupun yang sobek atau terlipat bukan dibagian Skunk Mark sebaiknya kita lebih baik mengganti LJK. Perlu kita ketahui ternyata sensor pada "Scanner" sangat tipis sekitar 0,5mm dan sangat sensitif, jadi jikalu LJK-nya hingga terlipat kemungkinan untuk nyangkut di Scanner sangat besar (Bayangkan mau ga mau mesti buka tutup belakang, terus ditarik dan jadinya makin lecek dah) dan kemungkinan besar bisa sobek. Kalau cuma terjadi satu atau dua duduk perkara mungkin akan diperbaiki oleh yang ngoreksi (Contohnya dari penulisan Nama/ Nomor/ DLL). Sebenarnya, ketakutan akan terlipatnya kertas tidak perlu dibesar-besarkan, terlipat sedikit di ujung-ujung kertas bukanlah suatu duduk perkara asal jangan hingga kotor dan berwarna gelap di area utama form yang akan di scan, alasannya yakni dikhawatirkan OMR akan menganggapnya sebagai jawaban. Tetapi, bila kertas terlipat cukup parah dikhawatirkan akan tersangkut dan mengakibatkan kemacetan pada perangkat OMR.

  • Bagaimana dengan di Indonesia

Di Indonesia, formulir isian berupa kertas yang akan diolah dengan komputer dan pemindai, lebih dikenal sebagai "Lembar Jawaban Komputer" (LJK). LJK tersebut sanggup berupa form OMR, form DMR, atau form bebas tipe. LJK biasanya dipakai untuk ujian berbentuk pilihan ganda, kuesioner, formulir pendaftaran dan pendataan.

Penggunaan LJK sebagai pengganti entri data secara manual sanggup mempercepat pengolahan data. Kecepatan tersebut juga sangat ditentukan oleh kecepatan pemindai kecepatan perangkat lunak yang digunakan. Bila dibandingkan dengan sistem pengisian ujian/ registrasi/ pendataan online pada ratusan hingga jutaan peserta, penggunaan LJK masih lebih optimal alasannya yakni sanggup menghemat kebutuhan penyediaan komputer. Dengan sistem online harus tersedia 1 komputer untuk 1 responden atau penerima ujian, sedangkan untuk sistem offline, cukup 1 LJK untuk 1 responden atau penerima ujian. LJK bukanlah lembar yang berisi balasan komputer, tetapi LJK yakni lembar balasan yang akan diperiksa memakai alat bantu berupa komputer.

  • Apa Itu OMR ?

OMR adalah piranti yang sanggup membaca blok goresan pena pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang sanggup dipakai oleh komputer. Piranti ini membaca masukan dengan santunan optis, dengan menggali ketebalan tulisan. Teknologi OMR ini semakin hari semakin maju, yang menarik selain kemampuan pembacaannya yang kian meningkat, harga OMR pun semakin turun. Sehingga tak heran kalau beberapa sekolah dan bimbingan mencar ilmu pun bisa untuk membelinya, tentu saja kemudahan ini makin mempermudah proses ujian dan ujicoba ujian di masing-masing institusi tersebut.

Lihat juga :

  1. Format LJK Word, Corel, dan JPG
  2. Format LJK Microsoft Excel


TIPS & TRIK HADAPI UJIAN

  1. Jangan membeli pensil yang isinya miring alasannya yakni pensil dengan isi miring sanggup dipastikan pensil gampang patah ketika digunakan, pilihlah pensil dengan Leads tepat di tengah.
  2. Jangan membeli pensil dengan isi pensil yang merosot keluar dari pensil, pensil dengan isi yang merosot sanggup dipastikan akan gampang patah ketika digunakan.
  3. Pilihlah pensil dengan Isi pensil yang besar, Isi pensil yang besar menciptakan pensil tidak gampang patah selain itu pensil dengan isi yang besar akan mempercepat proses melingkari jawaban.
  4. Pilihlah pensil dengan isi pensil yang lebih berkilau, isi pensil yang lebih berkilau akan lebih gampang dibaca oleh scanner..
  5. Gunakan Pensil 2B - For Computer yang telah lulus test OMR Test / Scan Test.
  6. Pensil yang telah lulus OMR Test sanggup dipastikan bahwa isi pensil yang dipakai mempunyai pencampuran yang tepat sehingga dari ujung awal hingga tamat pensil mempunyai grade yang sama yaitu 2B dan sanggup dibaca oleh mesin scanner.
  7. Pensil mekanik mempunyai lead yang lebih keras dan sanggup menjadikan lembar balasan sobek dan bergelombang.
  8. Arsirlah balasan sesuai pada bidang lingkaran yang disediakan, Anda bisa memakai santunan penggaris khusus ujian untuk mengarsir balasan dengan rapih.
Silahkan dilihat dahulu cara pengisian LJK yang baik dan benar melalui video dibawah ini :


sumber : youtube.com

Demikianlah kiranya menyebarkan tips dan trik dalam mengisi " LJK yang baik dan benar ". Semoga Artikel yang dibagikan pada kesempatan kali ini bisa berkhasiat serta bermanfaat untuk kini ataupun masa yang akan datang. Sekian dan Terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90